Friday 20 May 2016

Kisah Si BUTA Melamar Jadi DOSEN

Sebenarnya masih pengen hibernasi, tp sepertinya rugi kalo kisah ini nggak saya bagi.
Tanggal 16 siang, sepulang kerja, saya naik bis , duduk manis di bangku deret belakang biar gak sumuk. Entah kenapa tetiba saya pengen pindah depan, akhirnya saya duduk disamping mas2 ini. Begitu dia menoleh, baru saya tau bahwa dia tuna netra, kedua matanya abu-abu. Tak ada pikiran apapun saat itu, ketemu tuna netra hal biasa buat saya. Setidaknya ada 2 tuna netra yg biasa saya temui dalam perjalanan kerja, 1 pengamen dan 1 tukang pijat.
Tiba-tiba mas ini nanya ke saya dimana saya akan turun. Saya jawab alamat saya. Sebagai sopan-santun saya tanya balik dia mau kemana. Ke semarang jawabnya. Tapi saya lalu jadi kepo.
"Semarangnya mana mas?"
"Terminal terboyo bu"
"Memangnya mau kemana mas?"
"Ngaliyan"
"Wah kejauhan kalo turun terboyo, mending turun banyumanik mas, trus naik bis jurusan mangkang turun jrakah. Ngaliyannya mana?"
"Kampus UIN bu"
Sampe disini semakin besar kepo saya, ngapain ya tuna netra ke kampus UIN.
"Kampus berapa? Kalo kampus satu, mas bisa langsung turun di depannya,gak perlu naik bis lagi"
"Sebentar saya telpon teman saya dulu bu, saya jg blm tau kampus berapa"
Lalu dg ketrampilan menelpon yg tdk kusangka, dia menelpon temannya.
"Kampus satu ternyata bu"
"Oh, ya sudah ,masnya turun banyumanik aja naik bis gedawang mangkang,nanti bilang kondekturnya turun kampus satu"
"Ada alternatif lain bu?
"Ada mas, tp lbh ribet. Turun banyumanik,naik bis lagi jurusan johar,turun tugu muda trus jalan dikit naik bis jurusan ngaliyan.gimana?"
"Wah ribet ya bu, mending yg pertama tadi"
"Iya mas, tugu muda terlalu ramai kendaraan. Btw, ke kampus satu ada perlu apa mas?"
"Mau ambil nomer tes bu"
"Oh mau daftar kuliah?"
"Mau daftar jadi dosen bu"
Glodakkkkk, saya kaget.
"Brarti masnya sudah S2?"
"Alhamdulillah sudah bu, blm lama lulus dari UIN jogja"
Daaannn saya tidak bisa menahan kepo. Akhirnya dia bercerita, dia buta sejak lahir. Terlambat masuk sekolah karena ortunya orang desa yg tak paham bahwa tuna netra jg bisa sekolah. Dia sekolah di SD biasa, 6 th selesai, tp krn dia jatuh menjelang ujian, akhirnya nggak lulus SD krn tdk ikut ujian. Sempat masuk SLB setaun juga masuk pesantren setaun sebelum akhirnya masuk SMP. Kenal komputer sejak SMA, dia menghafal keyboard. Kuliah S1nya dia selesaikan dalam waktu 4th (!!!)
"Trus kuliahnya gimana mas?"
"Ya kuliah biasa bu, saya mencatat pakai braille, tp untuk tugas dan ujian saya gunakan komputer bicara"
"Lulus S1 langsung S2?"
"Iya bu, tapi lulus S1 saya sambil kerja,kasian orang tua kalo harus membiayai. alhamdulillah ada teman nawarin kerja. Kerjanya online, bikin iklan untuk film. Kalo S2 kan kuliahnya dikit bu, tp tiap hari saya ke kampus nyelesaiin tugas2 biar sore sampe malamnya bisa ngerjain kerjaan online."
Saya melongo aja dengerin penjelasannya, gak 'nyandak' pikiran saya membayangkan dia MEMBUAT IKLAN.
"Trus untuk tesisnya gimana mas, kan butuh banyak referensi tuh?"
"Untuk buku, saya dibantu teman bu membacanya, saya kutip yg perlu. alhamdulillah selesai, teman bantu ngerapiin layout aja"
Jleb jleb jleb ,saya seperti mendengar Allah bicara : see? Kamu punya mata sehat loh! Masih banyak alesan buat males bikin proposal???
Benar-benar siang yg bikin merinding. Malu banget saya. Dia yg 10th lbh muda dari saya dan buta, tp pencapaiannya jauh banget di atas saya. Dan caranya menceritakan kisahnya, sungguh gak ada kesan sombong ataupun minta dikasihani, biasa saja, seperti ngobrol dg teman lama.
Menjelang turun, kami sempat bertukar nama. Dia juga sempat bercerita sdh menikah setaun lalu,dg gadis yg 'menjelang' buta karena katarak yg terlambat dioperasi. Kalo nggak ada tanggung jawab jemput anak, sebenarnya hari itu pengen saya mengantarkannya sampai njrakah,biar bisa lebih banyak inspirasi yg saya terima dari kisahnya.
Orang buta berprestasi, saya sudah pernah liat di tipi. Tapi bertemu langsung dan ngobrol dg orang buta yg 'melihat', tak pernah saya sangka. Allah selalu punya cara yang unik untuk 'menjewer' saya.
Terima kasih Mas Priyono, sudah menyapa saya dan berbagi cerita. Saya doakan, juga saya mintakan doa dari semua teman FB saya, untuk keberhasilan dan keberkahan njenengan sekeluarga.

No comments:

Post a Comment